HAKIM, ALIMUN (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN BSM OTO UNTUK MENARIK MINAT NASABAH DI BANK MANDIRI SYARIAH KCP KLAMPIS SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (617kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (551kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (318kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor membuat perusahaan dan lembaga keuangan berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk yang mereka buat dalam bisnisnya yang harapannya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memberikan jasa dalam pembiayaan kendaraan bermotor, dalam mengembangkan bisninya tersebut memerlukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien, maka dari itu strategi pemasaran sangat penting dalam mempromosikan produknya untuk dapat menarik minat masyarakat atau nasabah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian lapangan dengan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berusaha menceritakan atau mendeskripsikan suatu peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana implementasi pemasaran produk pembiayaan BSM OTO di Bank Mandiri KC Klampis Surabaya dan bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan BSM OTO dalam menarik minat nasabah pada Bank Mandiri Syariah KC Klampis Surabaya. Hasil dari penelitian yang telah peneliti peroleh bahwa implementasi pemasaran produk pembiayaan BSM OTO di Bank Mandiri Syariah KC Klampis Surabaya pertama menggunakan brosur, prsentasi langsung dengan nasabah dan Bank Mandiri Syariah telah menggandeng sales dealer rekanan yang bermitra denga Mandiri Tunas Finance (Mandiri Group), pemasaran produk pembiayaan BSM OTO juga sudah sesuai dengan teori marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence). Dan strategi pemasaran produk pembiayaan BSM OTO dalam menarik minat nasabah pada Bank Mandiri Syariah KC Klampis Surabaya menggunakan strategi biasa pada umumnya dengan melalui pendekatan kepada komunitas-komunitas yang ada di surabaya dan sekitarnya, selain itu langkah yang dilakukan oleh Bank Mandiri Syariah KC Klampis Surabaya dalam menarik minat nasabah yaitu dengan mengutamakan pelayanan yang mudah dan proses cepat dengan memperhatikan sisi ke hati-hatian (prudent) Bank, juga angsuran ringan dan harga murah (pricing kompetitif), dan menggunakan akad sesuai syariah. Dalam menarik minat nasabah di Bank Mandiri Syariah KC Klampis Surabaya sudah sesuai dengan teori faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang terdiri dari faktor marketing mix, faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dian Berkah,M.H.I ; 2. Arin Setiyowati, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Startegi Pemasaran, Produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor (BSM OTO), Menarik Minat Nasabah. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muhammad Faizal Ramadhani |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 06:39 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8005 |
Actions (login required)
View Item |