Sa’roni, Sa’roni (2019) IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MEMBACA KITAB KUNING UNTUK SANTRI PEMULA DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUS SHOLIHIN DI DESA BINOH KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (856kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (339kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (258kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (157kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dalam dunia pesantren, posisi kitab kuning sangat strategis karena kitab kuning dijadikaan thex book, references,dan kurikulum dalam sistem pendidikan pesantren. Pesantren dan kitab kuning bagaikan dua mata uang yang saling melengkapi, dimana ada pesantren disitu ada kitab kuning, namun untuk menguasainya kunci utamanya harus menguasai nahwu shorof, akan tetapi untuk menguasainya membutuhkan waktu yang agak lama sehingga dibutuhkan metode untuk percepatan membaca kitab kuning. satu metode yang sering di gunakan di pesantren adalah Metode Al-Miftah Lil Ulum terbitan Pon-pes Sidogiri, diantara yang menggunakannya adalah Pondok Pesantren Raudlatus Sholihin. Berdasarkan latar belakang diatas ada tiga permasalahan yang ingin di jawab (1) bagaimana kemampuan santri pemula dalam membaca kitab kuning di Pon�pes Raudlatus Sholihin Binoh Buneh Bangkalan sebelum menggunakan metode al-miftah lil ulum. (2) bagaimana implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di Pon-pes Raudlatus Sholihin binoh burneh Bangkalan (3) bagaimana kemampuan santri pemula dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Raudlatus Sholihin Binoh Burneh Bangkalan setelah menggunakan metode al-miftah lil ulum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui kemampuan santri pemula dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Raudlatus Sholihin Binoh Burneh Bangkalan sebelum menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum (2) Untuk mengetahui implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kualitas belajar membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Raudlatus Sholihin Binoh Burneh Bangkalan (3) Untuk mengetahui kemampuan santri pemula dalam membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Raudlatus Sholihin Binoh Burneh Bangkalan setelah menggunakan metode al-miftah. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan tiga (3) teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualiatif yang meliputi reduksi data, display data dan verivication/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Sebelum menggunakan metode Al-Miftah Lil Ulum santri baru belum mampu membaca kitab kuning, hal itu bisa dilihat dari hasil nilai penyeleksiah (2) Implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum berjalan dengan system modul, santri yang sudah menyelesaikan pembelajarannya bisa naik ke jenjang berikutnya dengan dites tulis dan tes lisan (3) meningkatnya kemampuan santri baru dalam membaca kitab kuning setelah menggukan metode Al-Miftah Lil Ulum yang dapat dibuktikan dengan hasil nilai tes tulis dan tes lisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : (I) Abdul Wahab, M.E.I (II) Ika Puspita Sari, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Miftah, Kitab Kuning, Kualitas belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:48 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:48 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8058 |
Actions (login required)
View Item |