UMSurabaya Repository

ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM SURABAYA – MOJOKERTO (STUDI KASUS BUS DAN KERETA API EKONOMI LOKAL)

Qomariyah, Nurul (2021) ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM SURABAYA – MOJOKERTO (STUDI KASUS BUS DAN KERETA API EKONOMI LOKAL). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (466kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (213kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (430kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (464kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bus hijau trayek Kota Surabaya – Kota Mojokerto merupakan angkutan umum antar kota yang menghubungkan terminal Joyoboyo dengan terminal Kertajaya. Kereta Api Ekonomi Lokal Kertosono trayek Kota Surabaya – Kota Kertosono merupakan angkutan umum yang menghubungkan stasiun Surabaya Kota dengan Stasiun Kertosono melewati stasiun Mojokerto. Data primer bus meliputi data angkutan, faktor muat, kecepatan perjalanan, waktu antara, frekuensi angkutan, waktu perjalanan, waktu pelayanan, waktu tunggu dan jumlah armada yang beroperasi. Data primer kereta api meliputi waktu tempuh aktual, waktu henti aktual, waktu tunda, dimensi interior gerbong kereta, faktor muat dan jadwal keberangkatan dan kedatangan. Data sekunder bus dan kereta meliputi peta rute. Metode analisis menggunakan Standar Pelayanan Minimal berdasarkan PM nomor 29 tahun 2015, PM nomor 48 tahu 2015 dan SK Dirjen Perhubungan Darat nomor 687 tahun 2002. Hasil penelitian diperoleh kinerja pelayanan moda angkutan bus hijau masuk kategori kurang. Hasil kinerja operasional angkutan bus hijau didapatkan faktor muat jam sibuk 43,36%, faktor muat diluar jam sibuk 39,64%, kecepatan perjalanan 29,61 km/jam, waktu antara 10,34 menit, waktu perjalanan 2,21 menit/km, waktu pelayanan 14,5 jam, frekuensi 6 kend/jam, jumlah kendaran yang beroperasi 63% dan waktu tunggu 5,17 menit. Hasil kinerja pelayanan moda angkutan kereta api masuk kategori baik. Hasil kinerja operasional angkutan kereta api arah Surabaya – Mojokerto dan arah sebaliknya didapatkan waktu tempuh terjadwal rata-rata adalah 88,5 menit, waktu tempuh aktual rata�rata adalah 88,82 menit dan selisih waktu kedatangan dan keberangkatan aktual rata-rata adalah 4,17 menit. Nilai ketersediaan ruang duduk 70,16% dan ruang berdiri maksimal adalah 55 penumpang. Faktor muat rata-rata sebesar 7,49%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Ir. Zainal Abidin, M.T Dosen Pembimbing II : Miftachul Huda, S.Pd., M.T
Uncontrolled Keywords: Bus Hijau, Kereta Api Ekonomi Lokal Kertosono, Kinerja Operasional, Kota Surabaya – Kota Mojokerto, Matriks Asal Tujuan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 08. Fakultas Teknik > Teknik Sipil
08. Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:36
Last Modified: 11 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item