SAIDAH, MAFTUCHATUS and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Drs. Anjisman, M.Pd (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN BIOLOGI BERBASIS AL QURAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (57kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (37kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (115kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (46kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (10kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Keterlaksanaan model pembelajaran pemaknaan biologi berbasis Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi; (2) Kemampuan menganalisis dan ketuntasan hasil belajar siswa; (3) Karakter siswa yang berkembang; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dilakukan sebanyak 2 siklus belajar, setiap siklusnya terdiri tahap : (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI MIA 7 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes dan LKS untuk melatih kemampuan menganalisis dan mengetahui ketuntasan belajar, lembar observasi untuk karakter dan pengelolahan kelas serta lembar angket untuk respon siswa. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Keterlaksaan model pembelajaran pemaknaan biologi berbasis Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi pada siklus I dan siklus II dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,56. Kemampuan menganalis siswa dari hasil LKS dan tes evaluasi mengalami peningkatan dari 0 % pada siklus I menjadi 77,14 % pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan dari 48,57 % pada siklus I menjadi 80 % pada siklus II. Perkembangan karakter siswa mengalami peningkatan setiap pertemuan di siklus I dan siklus II dengan kategori mulai berkembang yaitu karakter religius, jujur, tanggung jawab, mandiri, rasa ingin tahu, toleransi, dan disiplin. Respon siswa sebanyak 74,13 % dikategorikan baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pemaknaan biologi berbasis Al-Qur’an mampu melatih kemampuan menganalisis dan mengembangkan karakter siswa Kata Kunci : berbasis al-qur’an, biologi, karakter siswa, kemampuan menganalisis, model pembelajaran pemaknaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 03:30 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 03:30 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/814 |
Actions (login required)
View Item |