Bakhruddin, Mukhammad and Shoffa, Shoffan and Iis, Holisin and Ginting, Seriwati and Fitri, Anisa and Lestari, Iin Widya and E.Pudyastuti, Zusana and Zainuddin, Moh and Alam, Heldy Vanni and Kurniawati, Naning (2021) Strategi Belajar Mengajar : Konsep Dasar dan Implementasinya. Penerbit CV. AGRAPANA MEDIA. ISBN 978-623-95887-7-9
PDF (Buku)
- Accepted Version
Download (2MB) |
|
PDF (Plagiasi)
Download (28MB) |
|
PDF (Peer Review)
Download (276kB) |
|
PDF (HKI)
Download (242kB) |
Abstract
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Ilahi Robbi, berkat rahmat dan karuniaNya kita masih diberikan kekuatan, kesehatan, dan kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan. Alhamdulillah, Buku STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASIYA) ini akhirnya dapat penulis selesaikan sesuai rencana. Pendidikan sebagai bagian integral kehidupan manusia di era global dan informasi harus dapat memberi dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan intelektual, sosial, dan personal. Buku ini merupakan wujud dari kepedulian penulis untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran di abad 21 atau dikenal dengan era smart society 5.0. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan perencanaan, penciptaan kondisi pembelajaran, dan strategi yang tepat, sehingga pembelajaran lebih bermakna dalam mencapai tujuan. Mengajarkan bukan persoalan menceritakan, akan tetapi mengajarkan itu harus memberikan pengalaman baru kepada peserta didik serta mudah dipahami. Sehingga materi yang sulit diajarkan oleh pendidik dan sulit dipahami oleh peserta didik akan menjadi mudah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang relevan sebagai jembatan untuk berpikir dan aktivasi peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa di abad 21 saat ini, pengaruh teknologi dan media mampu memberikan peran yang besar dalam bidang pembelajaran. Media tersebut biasa disebut dengan media digital. Era digital saat ini pendidik tidak lagi menjadi satu-satunya sumber segala informasi. Oleh karenanya, pendidik dapat memposisikan diri sebagai fasilitator perolehan pengetahuan. Dengan beberapa penekanan tombol, peserta didik dapat menjelajahi dunia menggunakan sumber daya online yang tidak terbatas dan beragam media digital untuk mendapatkan informasi yang mereka cari dan kemudian mendiskusikan temuan mereka dalam percakapan waktu nyata dengan para ahli dan peserta didik yang tinggal di negara lain. Dalam proses pembelajaran ini, inovasi teknologi dan strategi pembelajaran memberikan peserta didik cara yang tiada habisnya untuk memperluas kesempatan pendidikan, namun juga membawa tantangan baru bagi para pendidik. Bagaimana anda akan melampaui teks? Bagaimana anda akan memilih teknologi dan strategi pembelajaran yang "benar" ketika begitu banyak pilihan tersedia? dan yang paling penting, bagaimana anda akan menciptakan pengalaman belajar yang secara efektif menggunakan alat dan sumber belajar ini untuk memastikan bahwa peserta didik anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru?. Buku ini nanti akan membahas lebih lengkap terkait perkembangan strategi pembelajaran. Penulisan buku ini dilakukan secara kolaborasi oleh beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi, sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi. Harapan kami buku ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam kegiatan belajar mengajar, membantu para pendidik baik pada tingkatan pendidikan dasar, pendidikan menengah, maupun pada tingkatan pendidikan tinggi dalam memperbaiki kualitas pembelajaranya, penggunaan strategi pembelajaran sesuai fungsi dan manfaatnya,apakah sudah berada di track yang benar atau perlu diperbaiki, serta memberikan wacana baru terkait perkembangan strategi pembelajaran saat ini. Akhir kata, penulis sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan buku ini dari awal hingga akhir. Kami mohon segala kekurangan dalam penyusunan mendapat input yang konstruktif demi perbaikan substansi isi buku ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin ya robbal alamin.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SHOFFAN SHOFFA SHOFFA |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 08:07 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8205 |
Actions (login required)
View Item |