UMSurabaya Repository

Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik

APRILIA, EKA RACHMA PUTRI and Kristanti, Febriana and Shoffa, Shoffan Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) (Journal of Mathematics Education), 6 (2). pp. 98-105.

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Download (267kB)
[img] PDF (Plagiasi)
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t yang diperoleh  yaitu 7,648 > 2,048 dan nilai sig. 0,00 < 0,050 yang artinya hipotesis  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pembentukan self concept terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam pendekatan saintifik dengan hasil determinasi sebesar 54,9 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self concept, kemampuan komunikasi matematika, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: SHOFFAN SHOFFA SHOFFA
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:20
Last Modified: 14 Sep 2023 08:20
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item