Wijayadi, Wijayadi and Asy'ari, Asy'ary and Pangesti, Agustin Dwi (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CALISTUNG MELALUI TAMAN BACA POTHIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN LITERASI KELAS 1 SDN POJOKKLITIH 3 JOMBANG DI ERA COVID-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22 (1). pp. 164-168. ISSN e-issn 2614-0578
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (398kB) |
|
PDF (Turnitin)
Download (4MB) |
Abstract
ujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran calistung melalui taman baca pothik untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi kelas 1 di SDN Pojokklitih 3 Jombang. Kemudian pembelajaran calistung melalui taman baca pothik menjadi salah satu alternative pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Kondisi siswa yang kurang bisa membaca dan menghitung yang nantinya akan berdampak pada tingkatan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan maksud untuk menghasilkan sebuah data deskriptif yang dihasilkan dari pengumpulan data. Data diperoleh melalui informan menggunakan metode wawancara dengan pertanyaan yang relevan, melakukan observasi langsung, dokumentasi serta audio visual yang dilakukan secara langsung. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan berhitung yaitu dengan menerapkan metode Calistung. Maka dengan demikian berdasarkan kondisi dan situasi yang ada dan sesuai dengan observasi yang dilakukan bahwa model pembelajaran calistung melalui taman baca pothik menambah empati atau kepekaan sosial anak dan meningkatkan nomerasi atau menghitung serta meningkatkan literasi anak. Anak – anak siswa SDN kelas 1 pojokklitih 3 jombang dan mereka sangat senang mengikuti pembelajaran. Karena model pembelajaran tersebut mampu memberikan calistung yang dikemas melalui tamana baca pothik memberikan rasa nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran siswa kelas 1 SDN Pojokklitih 3 jombang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | taman baca pothik, numeration and literation competency, calistung learning model |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | WIJAYADI WIJAYADI WIJAYADI |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:26 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:47 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8246 |
Actions (login required)
View Item |