UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CALISTUNG MELALUI TAMAN BACA POTHIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN LITERASI KELAS 1 SDN POJOKKLITIH 3 JOMBANG DI ERA COVID-19

Wijayadi, Wijayadi and Asy'ari, Asy'ary and Pangesti, Agustin Dwi (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CALISTUNG MELALUI TAMAN BACA POTHIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DAN LITERASI KELAS 1 SDN POJOKKLITIH 3 JOMBANG DI ERA COVID-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22 (1). pp. 164-168. ISSN e-issn 2614-0578

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Download (398kB)
[img] PDF (Turnitin)
Download (4MB)

Abstract

ujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran calistung melalui taman baca pothik untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi kelas 1 di SDN Pojokklitih 3 Jombang. Kemudian pembelajaran calistung melalui taman baca pothik menjadi salah satu alternative pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Kondisi siswa yang kurang bisa membaca dan menghitung yang nantinya akan berdampak pada tingkatan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan maksud untuk menghasilkan sebuah data deskriptif yang dihasilkan dari pengumpulan data. Data diperoleh melalui informan menggunakan metode wawancara dengan pertanyaan yang relevan, melakukan observasi langsung, dokumentasi serta audio visual yang dilakukan secara langsung. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan berhitung yaitu dengan menerapkan metode Calistung. Maka dengan demikian berdasarkan kondisi dan situasi yang ada dan sesuai dengan observasi yang dilakukan bahwa model pembelajaran calistung melalui taman baca pothik menambah empati atau kepekaan sosial anak dan meningkatkan nomerasi atau menghitung serta meningkatkan literasi anak. Anak – anak siswa SDN kelas 1 pojokklitih 3 jombang dan mereka sangat senang mengikuti pembelajaran. Karena model pembelajaran tersebut mampu memberikan calistung yang dikemas melalui tamana baca pothik memberikan rasa nyaman dan menyenangkan dalam proses pembelajaran siswa kelas 1 SDN Pojokklitih 3 jombang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: taman baca pothik, numeration and literation competency, calistung learning model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: WIJAYADI WIJAYADI WIJAYADI
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:26
Last Modified: 17 Nov 2023 07:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item