UMSurabaya Repository

Hubungan Faktor Pelayanan Internal Kefarmasian Dengan Tingkat Kepuasan Orangtua Pasien Di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah

Tjatur, Prijambodo and Musa, Ghufron and Yeli, Levani and Siska, Mawaddatunnadila (2021) Hubungan Faktor Pelayanan Internal Kefarmasian Dengan Tingkat Kepuasan Orangtua Pasien Di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah. Hubungan Faktor Pelayanan Internal Kefarmasian Dengan Tingkat Kepuasan Orangtua Pasien Di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah, 18 (2). pp. 188-203. ISSN E-ISSN : 2598-4861 P-ISSN : 1693-1238

[img] PDF (Hasil Plagiasi)
Download (2MB)
[img] PDF (Artikel Asli)
Download (486kB)

Abstract

Latar Belakang:Kesehatan dan kesejahteraan hidup yang memadai merupakan hak asasi manusia yang telah diakui oleh seluruh dunia. Indonesia telah menyetujui hal ini dibuktikan dengan adanya UU No.36 tahun 2009. Rumah sakit adalah salah satu pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki fasilitas instalasi farmasi, rawat inap rawat jalan, dan sebagainya. Tujuan : Mengetahui karakteristik pasien klinik spesialis anak serta mengetahui hubungan faktor pelayanan internal kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien klinik spesialis anak di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik yang digunakanadalah total sampling. Besar sampel diambil dari seluruh orangtua pasien klinik spesialis anak yang mengambil obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangandan memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah pengambilan data primer yaitu dengankuesioner kepuasan yang dilakukan pada bulan November sampai Desember 2019.Data yang didapat pada penelitian ini dianalisis dengan mengggunakan metode Chi Square.Hasil : Berdasarkan uji Chi Square antara Sumber Daya Manusia, Obat,dan Proses menunjukkan p>0,05,sehinggatidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel tersebut dengan kepuasan pasien. Hasil uji Chi Square antara variabel sarana dan prasarana menunjukkan hasil p<0.05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel sarana dan prasarana instalasi farmasi Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan dengan kepuasan pasien.Kesimpulan :Faktor pelayanan internal kefarmasian yang memiliki pengaruh adalah sarana prasarana, sedangkan faktor lain berupa sumber daya manusia dan proses tidak terdapat hubungan.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Kedokteran
Depositing User: FAKULTAS KEDOKTERAN KEDOKTERAN
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:48
Last Modified: 10 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item