SADDAT, SADDAT and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Dra. Lina Listiana, M.Kes (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP MOTIVASI, KETERAMPILAN KERJASAMA, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (324kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (175kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (251kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (491kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (89kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Metode role playing (bermain peran) merupakan metode pembelajaran yang menekankan kerjasama dengan memberikan peran siswa pada situasi tertentu dalam sebuah kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). pengaruh pembelajaran kooperatif metode role playing pada materi sistem peredaran darah manusia terhadap motivasi, keterampilan kerjasama dan hasil belajar kognitif siswa; (2). keterlaksanaan pembelajaran kooperatif metode role playingpada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen kuasi dengan menggunakan rancangan penelitian desain “One Group Pretest-Posttest”. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif metoderole playing pada materi sistem peredaran darah manusia terhadap motivasi dan keterampilpan kerjasama, dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah Surabaya. Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif metode role playing pada kategori baik. Motivasi dan keterampilan kerjasama siswa dalam pembelajaran kooperatif metode role playing pada kategori baik. Hasil belajar kognitif siswa telah mencapai ketuntasan belajar baik secara induvidu maupun klasikal dengan presentase rata-rata sebesar 86,9%. Kata kunci : Role playing (bermain peran), motivasi, keterampilan kerjasama, hasil belajar kognitif siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 04:36 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 04:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/831 |
Actions (login required)
View Item |