Rosanti, Ferdina ‘Alyaa (2022) Masculinity Representation of Female Main Character in Kate 2021 Film. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Chapter 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Chapter 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Chapter 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Chapter 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Chapter 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Film merupakan media yang membangun konstruksi gender melallui lensa masyarakat. Wanita selalu dikaitkan dengan feminin, dan pria adalah maskulin. Sementara gender terbentuk karena situasi individu, perempuan juga bisa menjadi maskulin. Dengan demikian, penelitian ini berfokus pada karakter utama Kate dalam film Kate 2021. Masalah pertama yang dibahas adalah karakteristik wanita yang ditampilkan Kate, dan masalah kedua tentang bagaimana Kate diwakili oleh maskulinitas wanita. Kajian sastra ini berada di bawah payung kajian gender, dengan menggunakan konsep feminitas oleh Susan Brown Miller, konsep maskulinitas oleh Peter Lehman, dan teori maskulinitas perempuan oleh Judith Halberstam untuk memunculkan representasi perempuan dalam film menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, Kate menunjukkan ciri-ciri feminitas melalui suara dan emosi. Kate juga memiliki karakter maskulin dalam kekuatan, keberanian, kepahlawanan, dan kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Dra. Masula, M.A. Dosen Pembimbing 2: Sri Lestari, S.Pd., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | feminim, maskulin, perempuan maskulin, kate |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 11:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 11:08 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8434 |
Actions (login required)
View Item |