Rahmawati, Aisyah (2020) Pengaruh Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (510kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu potensi yang penting dikembangkan oleh siswa, sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kemampuan pemahaman konsep juga memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran, pembelajaran berhasil ketika siswa-siswi memahami secara utuh materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Hal tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa, yaitu model Treffinger. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang keas V SD. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Bentuk desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VC (eksperimen) dan kelas VD (kontrol) dengan masing-masing kelas berjumlah 29 siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji independent sample t-test. Hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 82,26 sedangkan kelas kontrol sebesar 75,43. Hasil perhitungan hipotesis adalah nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2.312 > 2.051) pada taraf sig. 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil kemampuan pemahaman konsep diperoleh rata-rata 84,48 sedangkan kelas kontrol 76,38. Hasil perhitungan hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematika menunjukkan hasil bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (2.664 > 2.051) pada taraf sig. 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh model Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Kunti Dian Ayu Afiani, S.Si., S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Lilik Binti Mirnawati, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif; Pemahaman Konsep; Treffinger |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 02:11 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8622 |
Actions (login required)
View Item |