UMSurabaya Repository

Penerapan Aplikasi Kuis Online Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Era Pandemi Covid

Rosyida, Ayu Aulia (2020) Penerapan Aplikasi Kuis Online Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Era Pandemi Covid. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (797kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan suatu negara dapat diukur dari keberhasilan perkembangan pendidikannya. Perkembangan pendidikan yang terus berubah mengikuti perubahan zaman menyebabkan masa pendidikan menjadi modern, sehingga masa sekarang ini menuntut proses pembelajaran supaya berbasis teknologi. Apalagi masa sekarang masa pandemi covid, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat diutamakan. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar matematika di kelas III setelah menerapkan aplikasi kuis online quizizz. 2. Untuk mendeskripsikan respon peserta didik setelah menerapkan aplikasi kuis online quizizz. 3. Untuk mendeskripsikan proses penerapan aplikasi kuis online quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di era pandemi covid. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Surabaya pada siswa kelas III Al Hayyu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi kuis online quizizz dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan persentase siklus I siswa tuntas hanya 44% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76%, dari siklus I ke siklus II meningkat 32%. Dari respon positif siswa pada siklus I hanya 66,38% kemudian meningkat menjadi 75,76% respon positif siswa. Proses dilakukan dalam 2 siklus (4 tahapan), setiap tahapan mendeskripsikan proses kegiatan yang dilakukan untuk menerapkan aplikasi kuis online quizizz ke dalam pembelajaran. Saran penelitian ini quizizz dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk belajar, karena keunggulannya belajar menjadi menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Kunti Dian Ayu Afiani., S.Si., S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Meirza Nanda Faradhita., S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Quizizz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:14
Last Modified: 17 Jan 2024 08:14
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item