UMSurabaya Repository

Proses Berpikir Siswa SMP Raden Rahmat Balongbendo dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika.

Yustiana, Ela (2019) Proses Berpikir Siswa SMP Raden Rahmat Balongbendo dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (777kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (257kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (383kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (275kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah aritmatika sosial di SMP Raden Rahmat Balongbendo dengan Teori proses berpikir menurut Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini siswa kelas VII A SMP Raden Rahmat Balongbendo. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang mewakili siswa yang mendapat nilai tinggi, sedang dan rendah. Teknik pemilihan subjek yaitu dengan seperangkat tes kemampuan matematika. Data hasil penelitian dianalisis dengan 3 tahap yaitu, mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang meliliki proses berpikir yang hampir sama di dalam memahami masalah dengan cara menulis kembali apa yang diketahui dan ditanyakan, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah dapat memahami masalah tetapi tidak seluruhnya. Proses berpikir ketiganya terlihat berbeda pada saat melaksanakan penyelesaian untuk mencari harga jual dan harga beli kopi campuran. Siswa dengan kemampuan tinggi dapat melaksanakan penyelesaian dengan cara mengalikan harga kopi dengan masing-masing perbandingan kemudian membagi dengan jumlah perbandingan, untuk mencari harga jual siswa tersebut menjumlahkan harga beli dengan untung sedangkan siswa dengan kemampuan sedang hanya mampu memahami masalah tetapi tidak dapat melaksanakan penyelesaian, dan siswa dengan kemampuan rendah sama sekali tidak dapat memahami masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dr. Dra. Iis Holisin, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Endang Suprapti S.Pd M.Pd.
Uncontrolled Keywords: proses berpikir; tingkat kemampuan matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 1
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:33
Last Modified: 25 Jan 2024 04:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item