UMSurabaya Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT-HOTS (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Lestari, Indah (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT-HOTS (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (230kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (349kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (431kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT-HOTS (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) pada materi trigonometri kelas X SMA. Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan ini menggunakan ADDIE dengan 4 (empat) tahapan saja yaitu analysis, design, development dan evaluasi. Tahapan analisi terdiri dari analisis hasil belajar, analisis respon siswa dan analisis perangkat pembelajaran. Tahapan desain adalah tahapan membuat produk atau perangkat pembelajaran dan divalidasi oleh validator kemudian direvisi. Pada tahapan development atau pengembangan hal yang dilakukan adalah melakukan uji terbatas yang meliputi kepraktisan dan keefektifan. Sedangkan tahapan evaluasi merupakan tahapan menghitung hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik dan pengamat memutuskan untuk mengadopsi perangkat pembelajaran tersebut dikarenakan perangkat yang digunakan adalah RPP dan LKS yang disertai dengan tujuan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui kegiatan pendahuluan, inti, penutup dan menggunakan postest untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta materi dan contoh soal yang digunakan pada proses pembelajaran ini cukup terbaru. Berdasarkan penilaian ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi dari aspek kevalidan perangkat pembelajaran berupa RPP dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 3,5 dan LKS dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 3,2. Aspek kepraktisan ditinjau berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT-HOTS, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa. Keterlaksanaan pembelajaran memiliki kriteria sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 87,5%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan persentase 81,94% dan aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT-HOTS dinyatakan efektif karena lima dari enam kategori aktivitas siswa terdapat dalam waktu ideal. Sedangkan aspek keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa yang memiliki persentase ketuntasan sebesar 85,71% dari seluruh siswa yang mencapai KKM dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan, kepraktisan dankeefektifan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe TGT-HOTS, Perangkat pembelajaran, Trigonometri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 1
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:27
Last Modified: 25 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item