UMSurabaya Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific di SMA Muhammadiyah X Surabaya.

Pratomo, Kusaji (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific di SMA Muhammadiyah X Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (980kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (236kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (384kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (227kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X-MIA 1 Putra karena berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, nilai ketuntasan siswa masih rendah dan pada saat peneliti melakukan observasi di kelas X-MIA 1 Putra SMA Muhammadiyah X Surabaya siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa data pra-siklus siswa yaitu data nilai pretest diperoleh sebesar 6% siswa tuntas. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific, diperoleh sebesar 64% siswa yang tuntas, hasil belajar siswa meningkat namun belum mencapai indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh sebesar 91 % siswa tuntas, maka hasil belajar siswa terdapat peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Angket respon yang didapat, setelah diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Scientific diperoleh sebesar 72,73% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si, M.Si. Dosen Pembimbing 2: Endang Suprapti, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Scientific, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 1
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:39
Last Modified: 25 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item