UMSurabaya Repository

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo.

Titin, Luluk Agus (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Konsep Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (686kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (234kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (372kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (390kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini juga untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitan didapatkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran matematika materi konsep pertidaksamaan linier satu variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 72,22% dan siklus 2 sebesar 93,33%. Pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu (a) Pada siklus 1 aktivitas guru dinyatakan sangat baik dengan prosentase 93,18% dan pada siklus 2 dinyatakan sangat baik dengan prosentase 97,73%. (b) Pada siklus 1 aktivitas siswa dinyatakan baik dengan prosentase 78,89% dan pada siklus 2 dinyatakan sangat baik dengan prosentase 83,15%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; model pembelajaran berbasis masalah (PBM).
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 1
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:49
Last Modified: 25 Jan 2024 07:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item