UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Rifki, Amirul (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (694kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (179kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (308kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (379kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Rifki, Amirul. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd., Pembimbing II: Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. Belajar penemuan menuntut siswa untuk berpikir kreatif agar menemukan sendiri sesuatu yang harus dipelajari. Pengembangan bahan ajar yang tepat dapat melatih kreativitas siswa. Kreativitas siswa perlu dilatih agar proses belajar menjadi bermakna dan berarti. Untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi salah satunya dengan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, penelitian yang dilakukan meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan. Langkah- langkah pengembangan yang ditempuh yaitu pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, simulasi, revisi produk dan uji coba produk. Berdasarkan penilaian validator ahli, LKS berbasis Discovery Learning dinyatakan valid dengan rata-rata 3,69. Untuk kefektifan LKS (Lembar Kerja Siswa) dinyatakan efektif karena ketuntasan klasikal yang diperoleh berada dalam kriteria baik. Keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata pertemuan pertama sebesar 2,70 dan pertemuan kedua sebesar 2,73 dalam kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap (LKS) Lembar Kerja Siswa diperoleh 80,60% yang memenuhi kriteria “Sangat Kuat”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. Pembimbing II:Febriana Kristanti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: LKS, Discovery Learning, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:57
Last Modified: 25 Jan 2024 07:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item View Item