Deviawaty, Luqui and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Drs. Wahono, M.Si. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TEMA ALAM SEMESTA / MATAHARI DENGAN MEDIA GUNTING DI TK. DW. EKA SAPTA RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (250kB) | Preview |
|
PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan motorik anak berbeda-beda, dalam hal kekuatan maupun ketetapannya perbedaan ini dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulasi yang didapatkan. Lingkungan (orang tua) mempunyai pengaruh besar dalam kecerdasan motorik halus anak, lingkungan juga dapat meningkatkan/ menurunkan taraf kecerdasan anak terutama pada masa-masa pertama kehidupannya. Kegiatan pembelajaran akan tercapai hasil yang optimal, apabila guru dapat memilih metode yang tepat, kemudian melaksanakannya dengan tehnik-tehnik penyampaian yang baik. Termasuk dalam pembelajaran pengembangan motori halus anak perlu disampaikan dengan tepat dan dilaksanakan dengan tehnik penyampaian yang baik. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tema Alam Semesta / Matahari dengan media gunting di TK. DW. Eka Sapta Randubango Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimana respon anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tema Alam Semesta / Matahari dengan media gunting di TK. DW. Eka Sapta Randubango Mojosari Mojokerto? 3) Apakah penggunaan media gunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK. DW. Eka Sapta Randubango Mojosari Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa dengan media gunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siswa Kelompok A TK. DW. Eka Sapta Randubango Mojosari Mojokerto, aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak tema Alam Semesta / Matahari dengan media gunting peningkatan dari pra siklus 25.53 % siklus I 65 % dan Siklus II 85 % Dengan meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan media gunting dapat dicapai secara maksimal dan terbukti dalam siklus II kemampuan meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan media gunting mengalami peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: motorik halus, anak, media gunting
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 05:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 06:04 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/921 |
Actions (login required)
View Item |