UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA TEMA DIRI SENDIRI KELOMPOK B PADA TK. AL HIDAYAH KAUMAN MOJOSARI MOJOKERTO

Istianah, Yuli and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Drs. Wahono, M.Si. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA TEMA DIRI SENDIRI KELOMPOK B PADA TK. AL HIDAYAH KAUMAN MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (171kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesiapan membaca lebih awal yaitu pada saat anak berusia dua hingga tiga tahun. Menjelang usia dua tahun anak mulai memiliki kemampuan untuk memberi dan mengenal nama-nama benda kemampuan untuk memberi dan mengenal nama-nama benda kemampuan untuk menamakan merupakan bekal awal untuk membaca. Pengenalan membaca anak dapat di lakukan dengan berbagai cara salah satunya dilakukan perbagian kata dimana anak diperkenalkan dan diajarkan bunyi huruf dan menyusunya menjadi kata serta diperkenalkan dan diajarkan bunyi huruf dan menyusunya menjadi kata serta diperkenalkan dengan abjad satu persatu kemudian menghafalkan bunyinya serta di perkenalkan dengan penanggalan suku kata kemudian dirangkai menjadi satu kata. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna melalui metode pemberian tugas di kelompok A pada TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimanakah respon anak dalam meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna melalui metode pemberian tugas di kelompok A pada TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto? 3) Apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna di Kemampuan membedakan benda? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu kata tema diri sendiri mengalami peningkatan dari pra siklus 25.53 % siklus I 65 % dan Siklus II 85 % Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Kartu Kata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:49
Last Modified: 16 Nov 2017 06:05
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item