UMSurabaya Repository

Pengembangan E-Modul Puisi Rakyat Parikan Untuk Pencapaian Elemen Membaca Dan Memirsa Capaian Pembelajaran Fase D Kelas Vii Smp Muhammadiyah 15 Surabaya

Sakti, Sakti (2022) Pengembangan E-Modul Puisi Rakyat Parikan Untuk Pencapaian Elemen Membaca Dan Memirsa Capaian Pembelajaran Fase D Kelas Vii Smp Muhammadiyah 15 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (583kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (425kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (650kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (607kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum Prototipe Merupakan Bentuk Penyempurnaan Dari Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum Prototipe Terdapat Nilai-Nilai P3 (Profil Pelajar Pancasila) Yang Dimasukkan Dalam Elemen Capaian Pembelajaran. Berubahnya Sebuah Kurikulum Membuat Pendidik Harus Cepat Beradaptasi. Salah Satunya Adalah Penggunaan Bahan Ajar Yang Digunakan. Pengembangan Bahan Ajar Adalah Salah Satu Cara Untuk Mengatasi Kebosanan Peserta Didik Terhadap Materi Yang Diajarkan. E-Modul Dengan Mengusung Kearifan Lokal Daerah Surabaya, Yaitu Parikan, Merupakan Solusi Untuk Pengembangan Bahan Ajar Yang Dapat Digunakan Oleh Pendidik. Dalam Penelitian Pengembangan Ini Menggunakan Model Pengembangan ADDIE, Yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Kelayakan E-Modul Dinilai Oleh 3 Validator, Yaitu Validator Ahli Materi, Validator Ahli Media, Dan Validator Pengguna (User). Subjek Pada Penelitian Ini Adalah Peserta Didik Kelas VII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Hasil Penelitian Menyebutkan Bahwa E-Modul Yang Dikembangkan Layak Untuk Digunakan, Dibuktikan Dengan Skor Validasi 91,25% Yang Berarti Sangat Baik, Validasi Media Memperoleh Presentase Sebesar 78,75% Yang Berarti Baik, Dan Validasi Pengguna Memperoleh Presentase Sebesar 88,75% Yang Berarti Baik. Jika Diambil Rata-Rata Dari Ketiga Validator Tersebut, Hasil Validasi Dari Produk Yang Dikembangkan Oleh Peneliti Adalah 86,25% Yang Berarti Performa Produk Tersebut Adalah Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dra. Sujinah, M.Pd., Dosen Pembimbing 2 : Pheni Cahya Kartika, S,Pd., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Kurikulum Prototipe; Kearifan Lokal; Pengembangan Bahan Ajar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 07 May 2024 12:50
Last Modified: 07 May 2024 12:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item