Salsabila, Frida (2023) Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Elemen Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas Vii Smp Negeri 58 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (236kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (454kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (408kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan Menulis Merupakan Salah Satu Sarana Belajar Yang Memiliki Peran Penting Dalam Dunia Pendidikan. Kemampuan Menulis Dalam Dunia Akademik Dapat Membantu Peserta Didik Berpikir, Salah Satunya Adalah Menulis Teks Prosedur. Peserta Didik Masih Kurang Mempunyai Kemampuan Untuk Menulis Teks Prosedur Disebabkan Kurangnya Keterampilan Pengetahuan Diksi Peserta Didik Dalam Menulis Teks Prosedur Yang Meliputi Keterbatasan Kosakata, Struktur Yang Kompleks, Dan Bahasa Yang Sulit Dipahami, Pembelajaran Teks Prosedur Juga Harus Mempertimbangkan Aspek Fungsi Sosial, Maka Diperlukan Model Pembelajaran Yang Tepat Dan Sesuai Untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar. Berdasarkan Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Yang Pertama Adalah Kemampuan Peserta Didik Pada Elemen Menulis Teks Prosedur Sebelum Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal, Dan Kemampuan Peserta Didik Sesudah Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menguji Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 58 Surabaya Pada Materi Teks Prosedur. Metode Yang Digunakan Dalam Pnelitian Ini Adalah Metode Kuantitatif Deskriptif Karena Datanya Untuk Mendeskripsikan Atau Menggambarkan Hasil Dari Kemampuan Peserta Didik Terhadap Elemen Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Yang Sudah Diberikan Perlakuan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Tes Yang Terdiri Dari Tes Awal (Pretest) Dan Tes Akhir (Posttest), Serta Dokumentasi. Subjek Data Dalam Penelitian Ini Yaitu Peserta Didik Kelas VII-A Di SMP Negeri 58 Surabaya. Dari Hasil Perhitungan Uji N-Gain Menunjukkan Bahwa Nilai Kategori Tinggi (G > 0,7) Sebanyak 20 Peserta Didik, Kategori Sedang (0,7 ≥ G ≥ 0,3) Sebanyak 11 Peserta Didik, Dan Berkategori Rendah (G < 0,3) Sejumlah 3 Peserta Didik. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Project Based Learning Efektif Digunakan Pada Pembelajaran Elemen Menulis Teks Prosedur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sujinah, M.Pd, Dosen Pembimbing 2 : Ngatmain, S.Pd., M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 08 May 2024 10:33 |
Last Modified: | 08 May 2024 10:33 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9319 |
Actions (login required)
View Item |