Setiyoningsih, Lina (2023) Keefektifan Penggunaan Model Project Based Learning Bermedia Animasi Powtoon Terhadap Pembelajaran Elemen Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii-A Smp Negeri 55 Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (354kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (216kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (64kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian Ini Merupakan Penelitian Eksperimen Yang Bertujuan Untuk Mengetahui Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Bermedia Animasi Powtoon Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 55 Surabaya Tahun Ajaran 2022-2023. Keberhasilan Pembelajaran Dapat Dilihat Dari Hasil Dan Proses Pembelajaran. Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Di Kelas Yang Efektif, Diperlukan Sebuah Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Adanya Penerapan Model Pembelajaran, Diharapkan Pendidik Dapat Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif Dan Lebih Bervariasi Supaya Peserta Didik Termotivasi Untuk Mengikuti Pembelajaran. Oleh Karena Itu, Dilakukan Uji Coba Untuk Mengetahui Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Animasi Powtoon Pada Peserta Didik Kelas VII-A. Permasalahan Yang Muncul Dalam Penelitian Ini, Yaitu Hasil Belajar Sebelum Dan Sesudah Juga Melihat Keefektifan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Powtoon. Teknik Pengambilan Sampel Penelitian Ini Adalah Purposive Random Sampling. Metode Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Eksperimen Dengan Model Desain Penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Dalam Penelitian Ini Tes Dilakukan Sebanyak Dua Kali Yakni Tes Sebelum Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pretes) Dan Tes Sesudah Menerapkan Model Pembelajaran Projet Based Learning (Postes). Teknik Analisis Data Menggunakan Uji Normalitas, Uji Wilcoxon Dan Uji N-Gain Score. Hasil Analisis Data Menunjukkan Bahwa Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Bermedia Animasi Powtoon Mendukung Cukup Efektif. Subjek Data Dalam Penelitian Ini Yaitu Peserta Didik Kelas VII-A Di SMP Negeri 55 Surabaya. Dari Hasil Perhitungan Uji N-Gain Menunjukkan Bahwa Nilai Kategori Tinggi (G > 0,7) Sebanyak 16 Peserta Didik, Kategori Sedang (0,7 ≥ G ≥ 0,3) Sebanyak 14 Peserta Didik, Dan Berkategori Rendah (G < 0,3) Sejumlah Tidak Ada. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Project Based Learning Cukup Efektif Digunakan Pada Pembelajaran Elemen Menulis Teks Prosedur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dra. Sujinah, M.Pd, Dosen Pembimbing 2 : Pheni Cahya Kartika, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Teks Prosedur; Powtoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:27 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:27 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9340 |
Actions (login required)
View Item |