UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK PAUD DHARMA WANITA DESA NGRAME KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

Suwaita, Anis and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP PADA ANAK PAUD DHARMA WANITA DESA NGRAME KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (172kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Anak usia dini harus dilatihkan untuk berani mengungkapkan yang di rasakan dan di pikirkan, sehingga pada nantinya anak tidak akan pemalu, mudah mengungkapkan pendapat di depan banyak orang dan mudah berinteraksi. Selain itu pentingnya keterampilan berbicara yang baik, akan memperoleh keuntungan sosial pada usia berikutnya. Oleh karena itu pengembangan berbahasa, yaitu berbicara harus dikembangkan secara optimal sejak usia dini. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran bercerita melalui metode bercakap-cakap pada anak PAUD Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto? 2) Bagaimanakah respon siswa dalam pembelajaran bercerita melalui metode bercakap-cakap pada anak PAUD Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto? 3) Apakah metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak PAUD Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 77.78 % dan Siklus II 88.89%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan bercerita melalui metode bercakap-cakap mengalami peningkatan dari pra siklus 38.89 % siklus I 77.78 % dan Siklus II 94.44 %. Dengan peningkatan kemampuan bercerita melalui metode bercakap-cakap dapat dicapai secara maksimal dan terbukti dalam siklus II peningkatan kemampuan bercerita melalui metode bercakap-cakap mengalami peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: kemampuan bercerita, metode bercakap-cakap

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:47
Last Modified: 16 Nov 2017 06:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item