Wijaya, Rachmad Tomy and Mundakir, S.Kep., Ns., M.Kep and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes (2016) HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TANAH KALI KEDINDING 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (401kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (172kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (231kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (333kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (615kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan dunia game online saat ini sudah sangat pesat. Fenomena kecanduan game online diperkirakan sangat mempengaruhi prestasi belajar anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kecanduan game online dengan prestasi belajar anak usia sekolah kelas V.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian analitik korelasicros sectional yang menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanah Kali Kedinding 1 Surabaya dengan jumlah populasi 125 responden dan jumlah sample 106 responden. Responden diminta mengisi kuesioner untuk melihat keterlibatan dalam bermain game online dan prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisa Correlations Spearman’s Rhomenggunakan SPSS 22,0 menunjukkan bahwa nilai signifikan (p) = 0,014< (α) 0,05 dengan Correlation Coefficcent = 0,238 yang berarti variabel independent dan dependent mempunyai nilai signifikan, sehingga H1 diterima atau ada Hubungan Kecanduan bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Kelas V SDN Tanah Kali Kedinding 1Surabaya. Dari 106 responden sebanyak 60 responden mengalami kecanduan sedang dan 49 siswa memiliki prestasi belajar yang cukup. Saran dari penelitian ini bagi petugas kesehatan khususnya perawat diharapkan dapat bekerja sama dengan sekolah untukmelakukan sosialisasi dampak positif dan dampak negatif gameonline yang ditimbulkan denganmenggunakan media seperti leaflet,flipchart dengan metode diskusiseperti focus group discussionsehingga informasi yang diberikandapat diterima anak untuk diterapkansehingga dampak negatif gameonline ini dapat diminimalisir. Kata kunci: Game online, kecanduan, siswa , prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Users 270 not found. |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 07:23 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 07:23 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |