UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA TEMA LINGKUNGANKU PADA KELOMPOK B DI TK. DHARMA WANITA DESA NGRAME KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Romadianti, Mia Romsiska and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA TEMA LINGKUNGANKU PADA KELOMPOK B DI TK. DHARMA WANITA DESA NGRAME KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (406kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Dengan bantuan bahasa anak dapat melakukan interaksi dengan orang lain serta menambah wawasan anak karena anak dapat menirukan ucapan atau lafal yang disampaikan oleh orang tuanya sehingga, dengan menggunakan bahasa anak akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang dapat bergaul di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana dengan yang diungkapkan Meliala anak usia 5-6 tahun (2004:37) adalah “berbicara dalam kalimat, mengerti dan mengikuti perintah dan permintaan, anak mampu menirukan tindakan kita tanpa menggunakan kata-kata, anak dapat merangkai kata-kata untuk berkomunikasi, mengenal huruf serta berusaha menulis huruf dan membacakan kata-kata”. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bercerita tema lingkunganku pada kelompok B di TK. Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016?2) Bagaimana respon siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bercerita tema lingkunganku pada kelompok B di TK. Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2015/2016?3) Apakah metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara di TK. Dharma Wanita Desa Ngrame Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 77.78 % dan Siklus II 88.89%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan berbicara melalui metode bercerita tema lingkunganku mengalami peningkatan dari pra siklus 31.25 % siklus I 75 % dan Siklus II 73.75 % Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 16 Nov 2017 08:08
Last Modified: 16 Nov 2017 08:08
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item