Maulida, Uun Dwi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Berbasis TPACK Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (783kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (327kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (464kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa; (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa; (3) mendeskripsikan keterlaksanaan; (4) mendeskripsikan respon siswa dalam penerapan model pembelajaran IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) berbasis TPACK. Jenis penelitain ini adalah pre-experimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Muhammdiyah 7 Surabaya. Data diperoleh melalui tes, observasi, dan angket dengan instrument soal tes hasil belajar siswa, lembar observasi kemandirian belajar, lembar angket kemandirian belajar, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran IBSC, dan lembar angket respon siswa terhadap model pembelajaran IBSC. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Model pembelajaran IBSC berbasis TPACK kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar dengan kategori sangat baik; (2) Model pembelajaran IBSC berbasis TPACK kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mengalami peningkatan pada kategori tinggi atau efektif; (3) Keterlaksanaan penerapan pembelajaran model pembelajaran IBSC berbasis TPACK terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah 7 Surabaya kelas X IPA 3 terlaksana 100 % dengan kategori sangat baik; (4) Model pembelajaran IBSC berbasis TPACK mendapat respon positif dari siswa sebanyak 94 % dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative), TPACK, kemandirian belajar siswa, hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 04:03 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9462 |
Actions (login required)
View Item |