UMSurabaya Repository

Efektivitas Strategi Integrating Scaffolding Form In Biology Learning (ISFBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Self-Efficacy Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Amanu, Nofia Aprilia (2024) Efektivitas Strategi Integrating Scaffolding Form In Biology Learning (ISFBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Self-Efficacy Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (794kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (264kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (385kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (388kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

center dengan tujuan siswa memiliki kemampuan kecakapan hidup. Berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis (critical thinking), berkomunikasi (communication), dan bekerja sama atau kolaborasi (collaboration) atau disebut 4C. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan strategi Integrating Scaffolding Forms in Biology Learning (ISFBL) kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surabaya materi reproduksi dan iritabilitas tumbuhan; 2) Mengetahui peningkatan self-efficacy siswa melalui penerapan strategi ISFBL kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surabaya materi reproduksi dan iritabilitas tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental menggunakan analisis data statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan pada penelitian ini siswa kelas XI-1 dan XI-3. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa, serta self-efficacy siswa. Diperoleh uji N-Gain 0,78 dengan kategori tinggi pada keterampilan komunikasi tulisan siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan komunikasi tulisan siswa yang diajar dengan strategi ISFBL dengan yang bukan startegi IFSBL dengan taraf sig sebesar 0,00<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:06
Last Modified: 15 Aug 2024 06:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9466

Actions (login required)

View Item View Item