UMSurabaya Repository

ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK PECANDU GADGET

HUMAIRA, FATIMAH (2020) ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK PECANDU GADGET. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (731kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (192kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (471kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (499kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Anak dapat mengembangkan perkembangan sosial emosional apabila adanya ketersediaan waktu bagi anak untuk belajar melalui melihat apa yang ada di sekitar anak, sehingga perkembangan sosial emosionalnya dapat terasah dengan baik. Namun apabila waktu yang anak luangkan hanya untuk menatap layar gadget akan membuat anak sulit untuk mengembangkan perkembangan sosial emosionalnya. Anak sulit mengembangkan perkembangan sosial emosionalnya karena kurangnya peran serta orang dewasa untuk membantu dan memantaunya dalam meningkatkan kemampuannya dalam bersosial dan mengekspresikan perasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional pada anak pecandu gadget. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Adapun sumber yang digunakan adalah data primer dan data sekunder terkait analisa aspek perkembangan sosial emosional pada anak pecandu gadget. Teknik analisis data yang digunakan dengan beberapa teknik yakni Reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh jurnal yang sesuai dengan topik pembahasan. Hasil dari penelitian ini adalah yang mempengaruhi perkembangan sosial emozional yakni adanya proses meniru yang anak lakukan karena melihat orang dewasa yang menggunakan gadget dan proses meniru berdasarkan apa yang anak lihat didalam gadget. Tanpa adanya pengawasan dan bimbingan dari orangtua saat anak menggunakan gadget menyebabkan perkembangan sosial emosional tidak berjalan sesuai dengan semestinya. Anak kesulitan untuk bersosial di lingkungannya dan lebih suka menyendiri bersama gadgetnya. Emosional anak yang idak stabil dan cenderung menjadi pemarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: anak, gadget, perkembangan sosial emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:06
Last Modified: 29 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item