UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 13 SURABAYA

Rahajuningsih, Retno Sri and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aristiana P. R., S.Sos.,M.Med.Kom (2016) PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 13 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (264kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 13 Surabaya dan bagaimana aktivitas guru dalam meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 13 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media playdough untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 13 Surabaya dan mendiskripsikan aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 13 Surabaya. Di dalam penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus 2 pertemuan. Rincian penelitian terbagi dalam perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 13 Surabaya sebanyak 13 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran menggunakan media playdough ada peningkatan kemampuan motorik halus anak pada tiap siklus. Dari siklus I diperoleh rata-rata kemampuan motorik halus anak adalah 1,92 naik menjadi 2,45, dan siklus II dari 3 naik menjadi 3,8. Demikian pula untuk kemampuan motorik halus anak yang mampu pada siklus I dari 7,6% naik menjadi 30,7%, pada siklus II dari 61,5% naik menjadi 92,3%. Hasil aktivitas guru dalam mengajar mengalami peningkatan dari 30% naik menjadi 50% pada siklus I dan meningkat dari 70% menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media playdough dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah 13 Surabaya. Kata kunci : media playdough, motorik halus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 20 Nov 2017 07:56
Last Modified: 20 Nov 2017 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item