UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA JALAN BULAK RUKEM TIMUR I-H NOMOR. 09 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016-2017

Wardinanti, Siska and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA JALAN BULAK RUKEM TIMUR I-H NOMOR. 09 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016-2017. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (149Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (103Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (224Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (118Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (270Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (88Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1125Kb)

                Abstract

                Penelitian ini di latarbelakangi oleh keterampilan sains anak yang masih beragam, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang sering digunakan adalah pemberian tugas dimana metode tersebut kurang memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan percobaan-percobaan, sehingga anak belum mengenal sebab akibat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Permata Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Permata tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data keterampilan sains yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa metode pembelajaran eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan sains pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Permata. Kata kunci : metode pembelajaran eksperimen, keterampilan sains.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > Q Science (General)
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 28 Nov 2017 10:23
                Last Modified: 28 Nov 2017 10:23
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1585

                Actions (login required)

                View Item