UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KOSAKATA PADA SISWA KELOMPOK A MELALUI METODE BERCERITA TK MUTIARA HATI SURABAYA

Dwi Wulansari, Dyah and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Drs. Ali Nuke Affandy, SE, M.Si (2012) PENINGKATAN KOSAKATA PADA SISWA KELOMPOK A MELALUI METODE BERCERITA TK MUTIARA HATI SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (164Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (72Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (108Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (404Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (342Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (144Kb)
              [img] PDF (BAB 6)
              Restricted to Repository staff only

              Download (149Kb)
                [img] PDF (LAMPIRAN)
                Restricted to Repository staff only

                Download (1572Kb)

                  Abstract

                  Bercerita adalah cara yang mudah untuk membantu pengembangan kemampuan kosakata anak menjadi benar. Untuk itu aktivitas seorang pendidik sangat berperan dalam menunjang proses keberhasilan pengembangan kosakata anak, oleh karena itu perlu sekali seorang pendidik membuat kreativitas kegiatan yang dapat merangsang minat siswa untuk dapat mengikuti kegiatan secara maksimal dan tidak membosankan. Penelitian ini dibuat berdasarkan permasalahan : 1) Bagaimana cara meningkatkan kosakata di TK.Mutiara Hati.2)Hambatan apa saja yang sering dialami dalam proses belajar mengajar.3)Upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk m,engetahui peningkatan kosakata yang ada di TK.Mutiarahati khususnya di kelompok A. 2) Untuk mengetahui hambatan apa saja yang yang dialami dalam proses belajar mengajar. 3) Untuk menge,tahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan 2 kali putaran penelitian tindakan kelas yang melalui tiga tahap yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, dan Refleksi.sasaran yang dituju adalah siswa kelompok A TK.Mutiara Hati pada semester II. Data yang diperoleh adalah data Kualitatif dan Kuantitatif berdasarkan hasil observasi secara langsung. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini mengalami peningkatan secara bertahapdari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I 61,03, siklus II sebanyak 71,11. Kesimpulan dari pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan sedikit memberikan penghargaan pada siswa yang mampu, dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa Kelompok A,TK Mutiara Hati dan juga dapat menambah motivasi belajarnya.

                  Item Type: Thesis (Other)
                  Subjects: L Education > L Education (General)
                  L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                  L Education > LT Textbooks
                  Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                  Depositing User: b b putri
                  Date Deposited: 26 Apr 2018 19:32
                  Last Modified: 26 Apr 2018 19:32
                  URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2322

                  Actions (login required)

                  View Item