UMSurabaya Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Sari, Lilis Nur Indah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1116Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Registered users only

    Download (97Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Registered users only

      Download (244Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Registered users only

        Download (233Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Registered users only

          Download (463Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Registered users only

            Download (302Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Registered users only

              Download (3717Kb)

                Abstract

                Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan, mengidentifikasi isu-isu, menjelaskan fenomena dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif siswa, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap respon siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 07 Surabaya, data yang terkumpul di analisis menggunakan gain score dan statistik uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains meningkatan sebesar 47% pada kelompok eksperimen , analisis data statistik uji-T data hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 (p<α) dengan ketuntasan belajar secara klasikal pada kelas eksperimen sebesar 79,1%. Keterlaksanaan guru mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kategori baik, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada kelompok eksperimen sebesar 83,2% menunjukkan respon yang positif.

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Kemampuan Literasi Sains Siswa, Hasil Belajar Kognitif Siswa
                Subjects: L Education > L Education (General)
                Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
                Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
                Date Deposited: 24 Sep 2018 11:23
                Last Modified: 24 Sep 2018 11:24
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2498

                Actions (login required)

                View Item