UMSurabaya Repository

Penerapan Metode Mind Map Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Bab IX Kelas VIII E Di SMP Negeri 18 Surabaya

Rumalutur, Nur Hurin In (2018) Penerapan Metode Mind Map Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Bab IX Kelas VIII E Di SMP Negeri 18 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (416Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (271Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (357Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (324Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (517Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (92Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1821Kb)

                Abstract

                Diterapkannya suatu metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Pada mata pelajaran PAI guru masih sering menggunakan penyampaian materi yang terkesan monoton dan itu dapat mempengaruhi hasil belajar, maka dari itu perlunya diterapkan sebuah metode agar meningkatnya hasil belajar peserta didik yang masih kurang, diantara banyaknya metode belajar salah satu metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode Mind Map, Mind Map adalah teknik pembuatan catatan yang mudah dipahami dan mudah diingat tanpa harus membuang banyak waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 18 Surabaya kelas VIII E pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Mind Map. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Surabaya dengan subyek penelitian kelas VIII E sebanyak 37 peserta didik, Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan guru PAI kelas VIII E, dokumentasi, tes dan angket pada peserta didik. Dari hasil penelitian, proses pembelajaran menggunakan metode Mind Map dalam pembelajaran PAI bab IX materi Hormat dan Patuh kepada orang tua dan guru berjalan dengan lancar dan baik. Adanya peningkatan hasil belajar kelas VIII E pada mata pelajaran PAI bab IX materi Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru setelah diterapkannya metode Mind Map , dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai yang diperoleh 65,81% dengan kategori kurang, pada siklus II mengalami peningkatan nilai yang diperoleh 7,43% dengan perolehan nilai rata-rata 73,24% dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat 10,94% dengan memperoleh nilai rata-rata 84,18% dalam kategori sangat baik

                Item Type: Thesis (Undergraduate)
                Uncontrolled Keywords: Metode Mind Map, Hasil belajar PAI
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
                L Education > LB Theory and practice of education
                L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
                Divisions: Fakultas Agama Islam
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 15 Oct 2018 16:54
                Last Modified: 15 Oct 2018 16:54
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2751

                Actions (login required)

                View Item