UMSurabaya Repository

STUDI KASUS PENERAPAN TERAPI MUSIK LULLABY PADA BAYI PREMATUR UNTUK MENINGKATKAN BERAT BADAN DI RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG

Yuliana, Ratih and Ira Rahmawati , S.Kep.Ns.,M.Kep.Sp.Kep.An and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes (2017) STUDI KASUS PENERAPAN TERAPI MUSIK LULLABY PADA BAYI PREMATUR UNTUK MENINGKATKAN BERAT BADAN DI RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (188Kb)
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (43Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (137Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (37Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (105Kb)
            [img] PDF (Bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (29Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2023Kb)

                Abstract

                Bayi prematur merupakan bayi yang lahir di bawah usia 37 minggu atau berat bayi < 2.500 gram. Dampak jika berat bayi premature lahir rendah dalam jangka panjang bayi akan mengalami keterlambatan tumbuh kembang selain itu dalam jangka pendek bayi akan kesulitan dalam bertahan hidup serta memperburuk keadaan akibat kelemahan pada semua sistem tubuhnya. Upaya untuk mempertahan berat bayi premature selain dengan teknik farmakologi juga dapat dilakukan nonfarmakolgi seperti : metode kangguru, pijatbayi, dan terapi musik Lullaby. Tujuan penelitian adalah melakukan penerapan terapi musik Lullaby pada bayi premature untuk meningkatkan berat badan bayi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian berupa studi kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu dua bayi premature dengan kriteria : responden I jenis kelamin laki-laki dengan berat lahir 1600 gram, lahir spontan dan responden II jenis kelamin laki-laki dengan berat lahir 1600 gram, lahir dengan section caesaria yang diberikan terapi musik Lullaby dalam waktu 30 menit selama tujuh hari. Cara pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi berat badan bayi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus, yang dilakukan pada 30 maret – 26 april 2017. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan peningkatan berat bayi prematur sesudah pemberian terapi musik yaitu pada responden I berat badan meningkat dari 1460 gram menjadi 1750, dan responden II berat badan meningkat dari 1420 gram menjadi 1700 gram. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian terapi musik Lullaby dapat meningkatkan berat badan bayi premature melalui mekanisme penurunan REE (Resting Energy Expenditure) dan pemberi efek relaksasi yang mempengaruhi sistem limbic pada hipotalamus yang berampak positif pada peningkatan kadar enzim dan penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan mempertahankan intake nutrisi. Kata Kunci : terapi musik Lullaby, Berat badan, Bayi prematur.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
                R Medicine > RT Nursing
                Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
                Depositing User: Users 270 not found.
                Date Deposited: 09 Nov 2017 02:19
                Last Modified: 09 Nov 2017 02:19
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/392

                Actions (login required)

                View Item