UMSurabaya Repository

Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Story Telling Boneka Tangan dan Video Terhadap Kebiasaan Menggosok Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Karies Gigi di TK Aisyiyah 05 Platuk Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun 2017

Khoiriyah, Khoiriyah (2018) Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Story Telling Boneka Tangan dan Video Terhadap Kebiasaan Menggosok Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Karies Gigi di TK Aisyiyah 05 Platuk Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendahuluan : Pada masa ini anak usia dini mulai mengembangkan kebiasaan yang buruk tentang personal hygiene anak terutama menggosok gigi yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan pendidikan kesehatan dengan media story telling boneka tangan dan video dapat digunakan dalam meningkatkan kebiasaan menggosok gigi yang buruk pada anak usia prasekolah dengan karies gigi. Metode : adalah desain pre-eksperimental dengan menggunakan pre-test dan post-test desaign, dengan populasi 101 TK Aisyiyah 05 Platuk Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya dengan menggunakan purposive sampling menjadi 80 responden. Responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 dengan media story telling berjumlah 40 anak dan kelompok 2 dengan media video berjumlah 40 anak. Instrumen yang digunakan adalah SOP, SAK dan lembar wawancara terstruktur. Hasil : penelitian menunjukkan kebiasaan menggosok gigi yang baik dengan media story telling boneka tangan (70%) dan kebiasaan menggosok gigi yang baik dengan media video (50%). Hasil analisis komparasi Mann Whitney dengan α=0,05 menunjukkan nilai p-value=0,003 artinya bahwa ada perbedaan antara media pendidikan story telling boneka tangan dan video terhadap kebiasaan menggosok gigi pada anak usia prasekolah di TK Aisyiyah 05 Platuk Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Kesimpulan : Media story telling boneka tangan merupakan media yang lebih baik diaplikasikan pada anak usia prasekolah sehingga mengubah kebiasaan anak dalam praktek gosok gigi setiap hari dengan waktu dan frekuensi yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan menggosok gigi, media story telling boneka tangan, media video, anak usia prasekolah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 22 Feb 2022 12:43
Last Modified: 22 Feb 2022 12:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item