UMSurabaya Repository

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ATAU PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA NEGERI SE-KABUPATEN JOMBANG

MASLUKHAH , SITI LIA and Dra. Lina Listiana, M.Kes and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK ATAU PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA NEGERI SE-KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (40kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (15kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan pembelajaran abad-21 yang di dukung oleh Negara-negara maju lainnya yang di pelopori oleh Partnership for 21st Century Skill dengan tema yang diangkat hasil dari siswa memiliki keterampilan-keterampilan secara memadai sesuai dengan dinamika perkembangn globalisasi secara dinamis meliputi kemampuan berkomunikasi, berfikir kreatif, berkolaborasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah-masalah. Sebagai sebuah pembelajaran dengan aktivitas jangka panjang yang melibatkan peserta didik dalam merancang, membuat dan menampilkan produk untuk mengatasi permasalahan dalam dunia nyata yaitu dengan model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), untuk mengetahui tingkat pemahaman guru dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), untuk mengetahui kendala penerapan Berbasis Proyek (PjBL) di SMA/MA Negeri se-Kabupaten Jombang meliputi tiga aspek yaitu aspek pemahaman, aspek keterlaksanaan dan aspek kendala. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey melalui angket tertutup. ¬¬¬¬¬ Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pemahaman pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada pembelajaran biologi di SMA/MA Negeri se-Kabupaten jombang dikategori baik sebanyak 73%. Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada guru bidang studi biologi di SMA/MA Negeri se-Kabupaten Jombang dalam kategori baik sebanyak 64%.Kendala pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada pembelajaran biologi di SMA/MA Negeri se-Kabupaten Jombang dalam kategori cukup sebanyak 53 %. Kata Kunci : Tuntutan abad 21, Kurikulum, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 10:37
Last Modified: 13 Nov 2017 10:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item