UMSurabaya Repository

MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION

HANIFAH, ELIS NUR and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes. (2015) MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (618kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Sejauh ini guru belum pernah melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa, mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mendiskripsikan respon siswa terhadap model PBI pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, desain penelitian One Shot case Study. Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan releksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah model PBI pada materi pencemaran lingkungan dapat melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Muhammadiyah 7 Surabaya yaitu ditunjukkan pada siklus I ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal sebesar 62.5% dan pada siklus II sebesar 85%. Keterlaksanaan model PBI skor rata-rata padasiklus I sebesar 60,8% dan pada siklus II sebesar 95,8%. Respon positif siswa terhadap model PBI rata-rata positif dan 100% siswa merasa dapat berpikir kreatif. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model problem based instruction.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:03
Last Modified: 15 Nov 2017 04:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item