UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE TEMA ALAT KOMUNIKASI DI KELOMPOK B PADA TK. DHARMA WANITA EKA SAPTA RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO

Solikha, Solikha and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE TEMA ALAT KOMUNIKASI DI KELOMPOK B PADA TK. DHARMA WANITA EKA SAPTA RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (187kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktifitas siswa dan guru dalam meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ? 2) Bagaimana respon anak terhadap kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ? 3) Apakah kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak di kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto, aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67 % siklus I 77.78 % dan Siklus II 88.89%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 55.56 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak terhadap kegiatan bermain puzzle peningkatan dari pra siklus 26.09 % siklus I 56.52 % dan Siklus II 82.61 %.. Dengan meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar dapat dicapai secara maksimal dan terbukti dalam siklus II kemampuan meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar mengalami peningkatan yang signifikan. Kata Kunci: kemampuan kognitif anak, bermain puzzle

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:01
Last Modified: 16 Nov 2017 06:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item