Solikha, Solikha and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE TEMA ALAT KOMUNIKASI DI KELOMPOK B PADA TK. DHARMA WANITA EKA SAPTA RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (187kB)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (269kB)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (748kB)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (164kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana aktifitas siswa dan guru dalam meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ? 2) Bagaimana respon anak terhadap kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ? 3) Apakah kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak di kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto ?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa.
Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreatifitas anak pada siswa kelompok B TK. Dharma Wanita Widuri Seduri Mojosari Mojokerto, aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67 % siklus I 77.78 % dan Siklus II 88.89%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 55.56 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak terhadap kegiatan bermain puzzle peningkatan dari pra siklus 26.09 % siklus I 56.52 % dan Siklus II 82.61 %..
Dengan meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar dapat dicapai secara maksimal dan terbukti dalam siklus II kemampuan meningkatkan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar mengalami peningkatan yang signifikan.
Kata Kunci: kemampuan kognitif anak, bermain puzzle
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | b b putri |
| Date Deposited: | 16 Nov 2017 06:01 |
| Last Modified: | 16 Nov 2017 06:01 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/934 |
