UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN BENDA DENGAN WARNA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK A PADA TK. AL HIDAYAH KAUMAN MOJOSARI MOJOKERTO

Faizah, Umrotun and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Drs. Wahono, M.Si. (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN BENDA DENGAN WARNA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELOMPOK A PADA TK. AL HIDAYAH KAUMAN MOJOSARI MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (176kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi yang dilakukan di Kelompok A TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto, diketahui bahwa hasil belajar anak pada aspek kemampuan kognitif dalam mengenal angka sangat rendah. Anak kesulitan untuk membedakan benda sesuai dengan warna. Rendahnya hasil belajar anak pada aspek kemampuan kognitif ini disebabkan karena anak-anak Kelompok A TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto belum paham terhadap konsep angka dan belum bisa membedakan macam-macam warna. Maksudnya adalah ketika anak-anak di suruh untuk membuat angka 1 sampai 10, masih terdapat sebagian kegiatan proses belajar mengajar yang dapat menarik perhatian anak. Untuk itu metode pemberian tugas berbantuan media kotak angka kemungkinan tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah aktifitas guru dan anak dalam meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna melalui metode pemberian tugas di kelompok A pada TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimanakah respon anak dalam meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna melalui metode pemberian tugas di kelompok A pada TK. Al Hidayah Kauman Mojosari Mojokerto? 3) Apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna di Kemampuan membedakan benda? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Proses pemecahan masalah dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dikriteriakan skor ≥ 78 dari skor maksimal paling sedikit mencapai 80 % dari jumlah siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan pra penelitian, penelitian siklus I dan siklus II, hal ini membuktikan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari pra siklus 66.67% siklus I 88.89 % dan Siklus II 100%, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus 44.44 % siklus I 55.56 % dan Siklus II 88.89 % dan respon anak dalam peningkatan kemampuan membedakan benda sesuai dengan warna melalui metode pemberian tugas mengalami peningkatan dari pra siklus 25.53 % siklus I 65 % dan Siklus II 85 % Kata Kunci: kemampuan membedakan benda dengan warna, metode pemberian tugas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:20
Last Modified: 16 Nov 2017 06:20
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item