UMSurabaya Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK HANG TUAH 6 KENJERAN SURABAYA

Luthfiyah, Wiwik and Drs. Wahono, M.Si. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK HANG TUAH 6 KENJERAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (137kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Hang Tuah 6 Kenjeran Surabaya sejumlah 20 anak. Waktu penelitian pada semester I. Penelitian dilakukan selama 3 bulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran.Data yang diperoleh kemudian di konsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui nilai ketuntasan kelas.Ketuntasan kelas pada siklus I pertemuan 1 adalah 9 anak atau 45% dari seluruh anak dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 2,6. Pada siklus I pertemuan 2 adalah 11 anak atau 55% dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 3. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 ketuntasan kelas adalah 14 anak atau 70% dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 3,05. Pada siklus II pertemuan 2 adalah 17 anak atau 85% dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 3,4. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan berbahasa anak. Dari siklus I sebesar 10% dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 0,4 dan siklus II sebesar 15% dengan nilai rata-rata ketuntasan anak 0,35. Untuk itu, kita sebagai guru harus bisa mengelola kelas dengan baik dan menciptakan suasana yang menyenangkan agar kegiatan bercerita dapat berjalan dengan lancar sehingga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita, Boneka Tangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:36
Last Modified: 21 Nov 2017 08:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item