UMSurabaya Repository

Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Visual Siswa Kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan

Suwandi, Suwandi (2017) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Visual Siswa Kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (365kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Kemampuan atau keterampilan menulis permulaan adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulis. Dengan menulis maka seseorang akan mengungkapkan ide ataupun sesuatu yang ada dalam pikirannya ke dalam lambang grafik, dengan tujuan orang lain dapat membaca apa yang telah diungkapkan. Namun fakta riil di lapangan berbading terbalik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti kolaborasi dengan guru kelas ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa kelas I SDN Berbeluk 03 masih rendah. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai rata-rata dari 17 siswa, masih rendah dan di bawah (KKM). Ketuntasan kelas hanya mencapai 62% dari jumlah siswa. Penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan aktivitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan melalui penggunaan media gambar visual siswa kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas di pada Kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IB yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian membuktikan: (1) aktivitas guru meningkat secara signifikan. Terbukti bahwa guru pada setiap siklusnya selalu merencanakan dan memperbaiki kegiatan proses pembelajaran yang secara otomatis dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. (2). aktivitas siswa meningkatkan secara signifikan, hal tersebut dapat dibuktikan dari tiga aspek aktifitas siswa yaitu sikap kerjasama, inisiatif dan keaktifan yang terus mengalami kenaikan dalam setiap siklusnya dimana pada siklus I sebagian besar siswa yaitu 65% memiliki keaktifan kurang baik menjadi 82,35% memiliki keaktifan baik pada siklus tiga.(3).Hasil belajar siswa dalam peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui penggunaan media gambar visual siswa kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arusbaya Kabupaten Bangkalan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya dimana kondisi awal sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata di bawah KKM. Dengan adanya penelitian meningkat menjadi 80,88. Dengan demikian terbukti dan tidak terbantahkan lagi, bahwa hasil belajar siswa kelas I SDN Berbeluk 03 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan kemampuan menulis permulaan meningkat lebih baik dari yang di standarkan yaitu rata-rata 70,00.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Visual, Menulis Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2018 06:32
Last Modified: 23 Jul 2018 05:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item