Rizqiya, Ramizah (2018) THE IMPLEMENTATION OF GROUP INVESTIGATION (GI) THROUGH WHATSAPP GROUP FEATURE FOR TEACHING WRITING NARRATIVE FOR 10TH GRADE STUDENTS OF MUHAMMADIYAH 9 HIGH SCHOOL OF SURABAYA (Academic Year 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (946kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Menulis adalah salah satu keahlian Bahasa Inggris yang sulit, terutama menulis pada bidang akademik. Maka dari itu, diera digital saat ini guru-guru memerlukan alat untuk membantu siswa mengatasi masalahnya dalam hal kepenulisan. Pada penelitian ini menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai alat dalam mengajar menulis. Aplikasi ini tercipta dengan perkembangan teknologi di era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dari mengajar menulis teks naratif untuk siswa kelas 10 SMA Muhammadiyah 9 Surabaya dengan menggunakan metode Grup Investigasi (GI) dan fitur grup WhatsApp dan juga respon siswa selama proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti mengamplikasikan beberapa teknik, yang terdiri dari: pengamatan dan catatan lapangan, wawancara, membagikan kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua puluh tujuh siswa pada tingkatan 10 dari jurusan IPA di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dapat membantu satu sama lain, karena dengan menggunakan metode ini (Grup Investigasi) dan fitur grup WhatsApp selama proses belajar mengajar, hal ini dapat mendorong para siswa untuk menulis secara kolaboratif. Jadi, hal ini akan menutupi kekurangan siswa yang memiliki kemampuan lemah dalam menulis. Metode dan media pembelajaran ini adalah hal baru selama proses belajar mengajar bagi para siswa kelas 10 SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Para siswa merasa senang selama penerapan penelitian ini, mereka termotivasi untuk belajar menulis Bahasa Inggris setelah penerapan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grup Investigasi, Grup WhatsApp, Mengajar Menulis dan, Teks Naratif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 10:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 10:02 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2734 |
Actions (login required)
View Item |