Naili, Saida (2018) Pembelajaran Seni Tari sebagai Media Mengembangkan Kecerdasan Sosial, Emosional dan Kognitif pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional PG PAUD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 1 (1). pp. 186-192. ISSN 2655-6189
|
PDF
Download (7MB) | Preview |
|
|
PDF
Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
- Published Version
Download (604kB) | Preview |
Abstract
Seni tari merupakan salah satu bidang seni yang secara langsung menggunakan tubuh manusia sebagai media, yang merupakan nilai keindahan dan nilai keluhuran, lewat gerak dan sikap tubuh dengan penghayatan seni. Seni tari dapat mengembangkan kecerdasan sosial, emosional, dan kognitif. Kecerdasan sosial dapat berkembang melalui pembelajaran seni tari dengan berkelompok yang mengajarkan interaksi sosial. Pemahaman interaksi sosial dapat dimaknai sebagai menjalin hubungan antar teman. Kecerdasan emosional akan berkembang ketika penari mengungkapkan isi tarian seperti isi tari yang bersifat gembira maka semuanya mengungkapkan dengan senyuman. Selanjutnya Aspek kognitif juga dapat dipelajari dalam seni tari yang tentunya menggunakan akal dalam menghafalkan gerakan Kata kunci: AUD, kecerdasan sosial, emosional, dan kognitif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | NAILI SA'IDA SA'IDA |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 04:28 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:16 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2988 |
Actions (login required)
View Item |