UMSurabaya Repository

SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DALAM PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

MASYHAD BH, MASYHAD BH (2020) SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DALAM PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (196kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Tesis ini mengkaji pelaksaaan supervisi akademik pengawas PAI dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui dan menggambarkan proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas PAI di SMK Negeri 1 Surabaya. 2. Mengidentifikasi dan menemukan faktor pendukung, penghambat proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas PAI dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya, serta solusinya, 3. Mengetahui hasil proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas PAI dalam pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif. Pendekatannya fenomenologis. Pendekatan fenomenologi memahami makna dari berbagai peristiwa. Sumber data primer terdiri pengawas PAI, kepala sekolah, guru PAI, dan sumber data sekunder dari data pengawas, data sekolah, data guru. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Teknik pengolahan, analisis data melalui tiga tahap, reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik , tiangulasi waktu. Ditemukan hasil penelitian proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas PAI dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya, aspek program perencanaan termasuk baik karena sebelum melakukan kegiatan supervisi, pengawas membuat perencanaan. Faktor pendukung proses Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya, kualifikasi akademik, fasilitas pengawas. Faktor penghambatnya rendahnya kompetensi yg dimiliki pengawas, terbatasnya jumlah pengawas. Solusinya, peningkatan kompetensi, kualifikasi akademik, perekrutan pengawas selektif. Hasil Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya, belum optimal maka tetap ditingkatkan terutama aspek pelaksanaan dan penilaian. Penelitian diharapkan perubahan kebijakan bagi Kementerian Agama khusus PAI, menyangkut perekrutan pengawas, pemerataan penempatan pengawas PAI, peningkatan intensitas pembinaan pengawas. Diharapkan dapat menjadi koreksi internal pengawas dijadikan bahan evaluasi mengenai kompetensi supervisi akademik pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Surabaya. Mendapatkan pengawas berkompeten, profesional, pihak berwenang merekrut pengawas PAI sesuai dengan regulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Pembinaan, Implikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:43
Last Modified: 21 Oct 2020 11:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item