AINIYAH, ZAHROTUL (2019) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI MEDIA POCKET (KANTONG HURUF) PADA ANAK KELOMPOK B TK AL QURAN NURUL HUDA SUKOPURO MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (643kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (329kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (570kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (628kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (686kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran yang menggunakan media dapat merasangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan bagi anak didik, sehingga mendorong terjadinya proses belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran pada perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro Jabung Kabupaten Malang?; (2) Apakah media pocket (kantong huruf) dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro Jabung Kabuapaten Malang? Tujuan penelitian ini adalah 1) menideskripsikan secara dalam proses pembelajaran di TK Al Quran Nurul Huda dalam perkembangan bahasa anak kelompok B, serta 2) Untuk mengetahui apakah dengan media pocket (kantong huruf) dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Al Quran Nurul Huda . Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan bahasa yang dicapai anak didik kelompok B TK Al Quran Nurul Huda Sukopuro lebih menigkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana perkembangan bahasa anak mencapai 0%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui penerapan media pocket, pada siklus pertama mengalamin peningkatan 31,2% atau 5 dari 16 anak, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 87,5% atau 14 dari 16 anak yang mencapai sesuai indikator yang diharapkan. Dimana peningkatan tersebut telah memenuhi target penelitian, begitu pula dengan guru lebih mudah menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran dikelas dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran melalui penerapan media pocket dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan perkembangan bahasa anak di kelompok B TK Al Quran Nurul Huda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Bahasa, Media Pembelajaran, Media Pocket (kantong huruf) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 11:22 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 11:22 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4924 |
Actions (login required)
View Item |