MUHAMMAD HAMBAL, SHAFWAN
(2018)
PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
SEBAGAI SALAH SATU UPAYA UNTUK MEMPEROLEH SERTIFIKASI
BAGI GURU-GURU SMPI AL-HUDA SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.
Project Report.
UMSURABAYA, SURABAYA.
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran yang memenuhi syarat untuk memperoleh sertifikasi bagi guru. Kemampuan mengembangkan media pembelajaran diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah perolehan serifikasi guru dalam jabatan.
Khalayak sasaran dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru SMPI al-Huda Sedayulawas Brondong Lamongan yang berjumlah 22 orang. Pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, demontrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep pengantar guru profesional dan sertifikasi guru serta teori media pembelajaran. Metode demontrasi dipakai untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap pengembangan media pembelajaran berbasis komputer, sedangkan metode latihan untuk mempraktekkan pembuatan media yang memenuhi persyaratan program sertifikasi guru. Sementara metode tanya jawab untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam mengatasi kendala dalam pengembangan media pembelajaran.
Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam pengembangan media pembelajaran, antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dan dana pendukung dari fakultas merupakan pendukung terlaksananya kegiata PPM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah para guru belum memiliki pengetahuan awal tentang pengoperasian komputer dan keterbatasan waktu untuk pelatihan.
Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan PPM ini antara lain dapat menyusun dan mengembangkan media pembelajaran berbasis computer sesuai mata diklat yang diampu. Media pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat memenuhi syarat untuk memperoleh sertifikasi bagi guru.
Actions (login required)
|
View Item |