DIN MUHAMMAD , ZAKARIYA
(2020)
PEMBINAAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH 8 CERME GRESIK.
Project Report.
UMSURABAYA, SURABAYA.
Abstract
Pembinaan nilai-nilai agama Islam di lembaga pendidikan berbasis Islam seperti SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik merupakan sesuatu yang penting. Arti pentingnya terlihat pada sisi bagaimana nilai-nilai tersebut tercermin dalam kepribadian siswa dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah sebagai satu kesatuan sistem pembelajaran.
Pendidikan Islam tanpa dasar nilai-nilai agama Islam, ia akan kehilangan arah dan subtansi pendidikannya. Sebab, dalam agama Islam tujuan pendidikan tidak sekadar menjadi anak didik pandai, tetapi juga bagaimana kepribadian siswa mencerminkan nilai-nilai agama yang baik yang ditanamkan melalui pengajaran dan pembelajaran serta bimbingan dan konseling kepada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan nilai-nilai agama Islam pada siswa melalui bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik; apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembinaan nilai-nilai agama Islam pada siswa melalui bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik; dan bagaimana hasil pembinaan nilai-nilai agama Islam pada siswa melalui bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik.
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan ilmu manajemen pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara formal dan informal, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik,waktu dan sumber. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan digunakan dalam menganalisis data.
Hasil dari penelitian ini bahwa pembinaan nilai-nilai agama Islam melalui bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik dilakukan secara intensif, hal ini dapat dilihat dari pembinaan siswa yang masuk dalam daftar buku bimbingan dan konseling, dari kelas X-XII dengan pelaksanaan pembinaan nilai- nilai agama Islam secara individual (perseorangan) dan ada secara kelompok untuk kelas X semester II sebagai motifasi dalam menghadapi UNAS. Terdapat nilai positif pada siswa yang telah mendapatkan pembinaan nilai-nilai agama Islam melalui bimbingan dan konseling dengan diketahui adanya perubahan yang positif pada sikap dan perilakunya.
Luaran dari penelitian ini adalah: (1) Publikasi ilmiah di Jurnal Ilmiah lokal ber ISSN; (2) Prosiding makalah Seminar ilmiah; (3) Modul Pembinaan Nilai-Nilai Agama Islam melalui Bimbingan dan Konseling
Actions (login required)
|
View Item |