Martati, Badruli and Abidin, Ratno and Wahono, Wahono and Hendarwati, Endah and Setiawan, Aris
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM
LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN
ANALISIS MAHASISWA.
Didaktis : Jurnal Pendidikan .
ISSN 1412-5889
Abstract
Salah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa
memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia
perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age),
suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan.
Ada beberapa perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan
sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang
lain. Unsur-unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannya
secara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan
problem based learning.
Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatan
Lesson Study di program Studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya,
dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang
(plan) , mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologi
pembelajaran afektif anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |