UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS KARANGAN EKSPLANASI KELAS V

Sri Nurhayati, S.Pd., M.Pd. and M. Ridlwan, S.Pd., M.Pd. and Dwijani Ratnadewi, S.Pd., M.Pd. (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS KARANGAN EKSPLANASI KELAS V. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6 (2). pp. 94-105. ISSN 2302-5778

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Rev) - Published Version
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Plagiasi) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian : 1. Untuk membuktikan perbedaan kemampuan siswa yang mendapat dan yang tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, 2. Untuk membuktikan keefektifan strategi pembelajaran berbasis masalah dari hasil menulis karangan eksplanasi. Metode penelitian : jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian A. Jenis A yang digunakan adalah A semu (quasi experimental), dengan desain control group pretest posttest. Populasi dan Sampel : populasi 187 siswa, sedangkan sampel kelas V A (kelas eksperimen) 36 siswa, sampel kelas V B (kelas kontrol) 36 siswa. Teknik pengumpulan data berdasarkah hasil tes dan nontes. Teknik analisi data: uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, hipotesis statistik, dan analisi SWOT. Simpulan: terdapat perbedaan yang signifikan. Mean kelompok B 75,05, kelompok A 79,05. Nilai t = 2,171, df 37 dan nilai P = 0,036. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,036<0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan kelompok B dengan kelompok A, 2. Hasil perbandingan uji-t pada skor prates dan pascates kelompok B dan kelompok A mengalami peningkatan, tetapi kelompok A mengalami peningkatan lebih besar. Rata-rata skor pascates kelompok A 79,05, rata-rata skor prates 71,70, rata-rata skor pascates kelompok B 75,05, dari ratarata skor prates 72,21. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Karangan Eksplanas

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: DWIJANI RATNADEWI RATNADEWI
Date Deposited: 22 Apr 2021 12:07
Last Modified: 12 Jul 2021 08:54
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item